“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Keutamaan Puasa Arafah

Hallo teman ...
Gmna kabarnya nih, insyaAllah pasti baik kan ...

Kali ini aku mw berdakwah dulu nih, ya ..... walopun cuma dikit sih. G papalah yang penting tetep barokah . Hihihi ...

Ada yang pernah denger puasa Sunnah "Arafah" g nih ??
Aku rasa pasti pernah. Nah, besok hari Sabtu, tanggal 05 November 2011 ini bertepatan dgn puasa Arafah lho ..

Apa sih puasa Arafah itu ..

Ok dah, aku coba buat jabarin sekilas ya ...

:: Jamaah Memanjatkan Doa di Arafah ::
Puasa Arafah merupakan puasa yang utama yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah dimana pada saat itu kaum muslimin yang sedang melakukan ibadah haji berkumpul wukuf di padang Arafah. Dalam beberapa kasus sebagian orang mendapatkan masalah ketika mendapati tanggal/kalender di negaranya berbeda dengan di Arab Saudi. Maksudnya, pada hari ketika jamaah haji sedang berkumpul di Arafah, yang hari itu adalah tanggal 9 Dzulhijjah di negara Arab Saudi, tetapi kalender di negaranya pada hari itu adalah tanggal 10 Dzulhijjah, umpamanya. Maka, apakah dia berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah menurut kalender di negaranya sendiri, padahal di Arab Saudi masih tanggal 8 Dzulhijjah, dan para jamaah haji belum menuju Arafah. Atau dia berpuasa pada tanggal 10 Dzulhijjah menurut kalender di negaranya sendiri dan di Arab Saudi sudah tanggal 9 Dzulhijjah, dan para jamaah haji berkumpul di Arafah.

Dalam hal ini yang menjadi ukuran adalah wuquf di Arafah, bukan kalender di negaranya. Karena di dalam hadits-hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebut dengan "Puasa Hari Arafah", sehingga mestinya wuquf di Arafah itulah yang menjadi ukuran. Wallahu a'lam. 

Hari Arafah memang salah satu hari yang sangat istimewa, karena pada hari itu Allah membanggakan para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah di hadapan para malaikat-Nya. Olah karena itulah, tidak aneh jika kaum muslimin yang tidak wukuf di Arafah disyariatkan berpuasa satu hari Arafah ini dengan janji keutamaan yang sangat besar.

Sebesar apa sih ??
Penasaran ya .....

Marilah kita renungkan hadits di bawah ini, yang menjelaskan keutamaan puasa Arafah, yang disampaikan oleh Nabi pembawa rahmat kepada seluruh alam. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

"Puasa satu hari Arafah (tanggal 9 Dzulhijjah), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu tahun setelahnya. Puasa hari 'Asyura' (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya." (HR. Muslim, no 1162, dari Abu Qatadah).

Subhanallah .... Alangkah pemurahnya Allah Ta'ala. Puasa sehari menghapuskan dosa2 kita dua tahun! ( Eiittss .... tapi inget. Yang terhapus dosa2nya hanyalah dosa2 kecil saja, tdk termasuk dosa2 besar / pelanggaran Zina, dll yang pertobatannya melalui kafaroh ). Kaum muslimin biasa berpuasa satu bulan penuh pada bulan Ramadhan, dan mereka sanggup melakukan. Maka, sesungguhnya berpuasa satu hari Arafah ini merupakan perkara yang mudah, bagi orang yang dimudahkan oleh Allah Ta'ala.

Barangsiapa membaca atau mendengar sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang mulia ini pastilah hatinya tergerak untuk mengamalkan puasa tersebut. Karena, setiap manusia pasti menyadari bahwa dia tidak dapat lepas dari dosa. 

Bayangin deh, hanya puasa 1 hari dibalas kebaikan puasa 2 tahun. Orang muslim mana sih yang gmw. Aku aja mw .. :)

Makanya ayo teman2 semua mulai nanti malam diniati untuk berpuasa sunah Arafah. Dijamin untung g akan rugi deh ...
Itung2 juga untuk memperbanyak amalan kita, sehingga bisa memberatkan timbangan kita ketika yaumul mizan nanti.

Oia ajak juga tuh teman2 mu yang belum tahu ... Krena tugas kita sbgai orang muslim kan harus selalu mengingatkan dan menasehati dalam kebaikan tuh ...

Ok, awali dgn bismillah.
Semoga informasi ini barokah ya kawan ....

Selamaat menjalankan ibadah puasa Arafah bagi yang menunaikkannya.
SEMANGAT !!

:: Wukuf di Arafah ::

^____^

0 komentar:

Poskan Komentar