“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Penyembelihan Hewan Kurban Bersama Warga LDII ( Lembaga Dakwah Islam Indonesia ) Kab. Pamekasan

:: Subhanallah, insyaAllah sapinya udah di surga . :) ::


Assalamualaikum ...

Sebelumnya aku ucapin selamat hari raya Idul Adha 1432 H.
Semoga amalan Ibadah dan pahala Qurban kita menjadi barokah . Amin ...

Nah setelah kemarin berpuasa Arafah, skrg dilanjutkan sunnah berikutnya nih yaitu menyembelih Qurban.

Stelah shalat Id selesai biasanya prosesi menyembelih hewan Qurban dilaksanakan. Nah, kemudian ada yang bertanya. Jika tdk langsung disembelih setelah shalat Id bagaimana ? Tenang saja tdk apa2 kok. Pahalanya akan tetep dihitung sama, tapi inget asalakan menyembelihnya msh dalam hari tasrik. Biasanya hari tasrik itu selama 3 hari setelah hari raya Idul Adha .

Mengingat pahala Qurban yang sangat besar sekali, sangat beruntung bgi org yang bisa mengamalkannya. Bayangin, sebelum darahnya jatuh ke tanah aja pahalanya sudah sampai disisi Allah. Subhanallah ... :o
Belum lagi tanduk, cakar, dan bulu2 dari hewan Qurban itu nantinya akan menjadi saksi bagi kita ktk di akhirat nanti. Dan tak lupa nih, hewan itu jg akan jd kendaraan kita lho ntr di akhirat ... :)

Oia, alhamdulillah di tahun ini aku dan keluarga ku msih diberi kesempatan buat berkurban. Bersama warga PC Kota Timur, LDII Kab. Pamekasan, kita menyembelih 2 sapi dan 1 kambing.
Para warga LDII ini saling bekerja sama untuk menaklukan 2 ekor sapi yang akan dijadikan kurban. Maklum, sapinya gede2, lebih gede dr pada orangnya sih ... Hihihi ... Jdnya butuh tenaga ekstra nih buat menaklukannya. Haits ... Hiya ...

Tak lupa diniati karena Allah dan membaca doa "Bismillahi Allahu akbar" greg ... greng ... greg ... tenggorokan si sapi pun putus, dan Innalillahi sapi jantan itu pun tewas ... :(
Tapi insyaAllah sapi itu sudah bahagia kok di surga sana ... :)

:: Jagal Sapi ::
Stelah 2 sapi dan 1 kambing tadi selesai di sembelih, dilanjutkan menguliti dan memotong2 dagingnya .
Nah .... Sapa yg pernah bersihin jeroan / dalemannya sapi nih ?? td aku pas kebgian buat bersihin .. Pyuh ,,, baunya, masyaAllah .. :o

Dan tak lupa 2 kepala sapi yang gede2 itu tak luput q jadikan objek dan sasaran buat futu2.. Hihihi .. dmna pun slalu narsis . :D

:: Pembagian daging Qurban ::
Nah, bagian ibu2 termsuk ibu ku tuh kebgian tugas buat membagi daging2 kurban yg sudah di potong tadi. Kemudian di pak dimasukkan kedalam kantong2 plastik kecil untuk dibagikan kepada tetangga2 di lingkungan tempat pengajian warga LDII. Sebagian juga dismbangkan ke pondok2 pesantren melalui DPD LDII Kab. Pamekasan. Supaya kebahagiaan di bulan Qurban ini bisa kita rasakan bersama2. 

:: Mengobati Lapar ... ::
Di penghujung acara ... inilah yang dtunggu. Tradisi yang tak pernah terlewatkan yaitu makan2 bersama2 setelah seharian lembur mreteli si sapi. Gule, empal, dan sate tak luput dari santapan .. Porsinya gede, kyak tukang becak. Ya ... maklumlah kan dr pagi g boleh makan dlu. Ops, lupa dri nih, klo kebanyakan ntr bisa2 darah tinggi n kolesterol lg. Wkwkwkwk ...
Nah, saat makan bersama itulah kekeluargaan diantara kita tampak. Semua rasa lelah hilang dalam balutan canda dan tawa .. 

Berat rasanya meninggalkan mereka semua untuk kembali ke perantauan ... :')

Mudah2n semuanya bisa menjdi berkah aja deh ..

Dan semoga tahun depan keluarga q, kita, dan kalian semua bisa merasakan ibadah Qurban lagi. Amin ...

:: Sapi Kurban ::
:: Irsyad, Ibu, dan Ayah saat menyembelih Kambing ::
:: Sangar ... Hihi ,,, ::
:: Giginya .... :D ::


^____^

0 komentar:

Poskan Komentar