“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Paduan Suara Mahasiswa ( PSM ) Universitas Jember

:: Logo PSM Universitas Jember ::

Ada yang pernah ikut atau sekarang sedang aktif dalam Paduan Suara Mahasiswa gak nih ?? Kalau ada share yuk, cz mumpung aq sekarang juga sedang aktif di PSM Universitas nih. :)

PADUAN SUARA
 adalah Penyajian musik vocal yang terdiri dri 15 orang atau lebih yang memadukan berbagai warna suara menjadi satu kesatuan yang utuh dan dapat menampakan jiwa lagu yang dibawakan. Nah, paduan suara sendiri dibagi menjadi beberapa golongan. Dilihat dari siapa yang membawakannya. Termasuk salah satunya Paduan Suara Mahasiswa .. 

Nah berikut ini aku akan memaparkan tentang asal mula terbentuknya Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Jember.

Unit Kegiatan Mahasiswa Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember (UKM PSM UJ) berdiri pada tangal 24 November 1980, diprakarsai oleh Drs. Soejono Soewondo, Suwondo, beliau merupakan staf pengajar FKIP Universitas Jember. PSM UJ sendiri lahir karena adanya kegiatan wisuda UNEJ yang pertama pada tahun 1979 yang pada saat itu menggunakan paduan suara dari luar mahasiswa UNEJ. Sehingga pada 1980 resmi terbentuk PSM_UJ untuk memenuhi hal tersebut diatas. Drs. A. Lilik Slamet Raharsono ditunjuk sebagai ketua Umum Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember pertama dengan periode kepemimpinan yaitu tahun(1980-1988). Berikutnya terjadi estafet kepemimpinan PSM UJ kepada:

• Drs. Arief Riyadi (1988-1991)
• Akhmad Yani Lasaido
• Edi Sasongko
• Bambang Kurnianto 
• Enggar Dwi Cahyono (1994-1997)
• Tri Agung (2000-2003)
• Ninik Sofia(2003-2006)
• Drg. Yudi Prasetya S. (2006-2007),
• Tangguh Dharmawan Wibisono (2007-2008)
• Astri Maesyaroh Ningtyas (2008-2009)
• Agus Murdianto (2009-sekarang).




Visi, Misi, dan Tujuan


1.      Visi
UKM Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember sebagai unit kegiatan yang berorientasi pada pengembangan potensi dan talenta dalam apresiasi seni suara dipadukan dalam gerak dan ekspresi dengan sarana organisasi yang didasarkan pada ikatan professional-emosional, serta mempertahankan dan mengembangkan tradisi yang bernilai positif secara kreatif dengan tujuan menjadikan paduan suara yang berkualitas.

2.      Misi
-          Meningkatkan dan mengembangkan potensi dalam berorganisasi , berkesenian, dan berkreasi dengan memanfaatkan imajinasi dan apresiasi serta sebagai upaya memaksimalkan proses belajar dan berpikir.
-          Menyelenggarakan kegiatan pembinaan mahasiswa yang unggul dalam bidang seni suara, gerak, dan nada untuk menghasilkan sumber daya manusia paduan suara yang mampu berkompetisi serta siap menghadapi tantangan perubahan dan perkembangan masa.
-          Sebagai pengembangan seni manajemen organisasi akademis yang kreatif.
-          Membina dan mengembangkan kerja sama dengan organisasi paduan suara lain.

     3.    TUJUAN
      1.      Meningkatkan wawasan seni paduan suara pada mahasiswa.
     2. Meningkatkan kualitas dan prestasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Jember.
     3.      Memotivasi anggota Paduan Suara Universitas Jember agar lebih berkembang dengan baik.
     4.      Menunjukkan eksistensi Universitas Jember di kalangan masyarakat luas.

Ini beberapa hasil dokumentasi dari berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dan diikuti oleh PSM Universitas Jember.

:: Penampilan PSM Unej ::

:: Rektor Cup ::

:: Kemeriahan Rektor Cup ::

:: @ Bang Indonesia, Jember ::

:: Lomba Paduan Suara Antar Mahasiswa (LPSAF) ::

0 komentar:

Poskan Komentar