“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Penyebab SMS Pending

Dear Duta IM3.
Bagi kawand-kawand ku nih yang jadi Duta IM3 pasti sering banget dapet pertanyaan tentang pendingnya SMS ato telepone, dan apa penyebabnya.
Nah sekarang aku coba bantu buat kasih pencerahan ya, cz kemaren bru diajakin muter2 lihat BTS Indosat nih yang ada di kec.Patrang, Jember sama mz Teknisinya.
Ayo simak cuplikan berikut ,,, :)

Telepon seluler menggunakan sistem wireless. pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :




Mekanisme pengiriman SMS 

Ketika pengguna mengirim SMS, maka pesan dikirim ke MSC melalui jaringan seluler yang tersedia yang meliputi tower BTS yang sedang meng-handle komunikasi pengguna, lalu ke BSC, kemudian sampai ke MSC. MSC kemudian mem-forward lagi SMS ke SMSC untuk disimpan. SMSC kemudian mengecek (lewat HLR – Home Location Register) untuk mengetahui apakah handphone tujuan sedang aktif dan dimanakah handphone tujuan tersebut.

Jika handphone sedang tidak aktif maka pesan tetap disimpan di SMSC itu sendiri, menunggu MSC memberitahukan bahwa handphone sudah aktif kembali untuk kemudian SMS dikirim dengan batas maksimum waktu tunggu yaitu validity period dari pesan SMS itu sendiri. Jika handphone tujuan aktif maka pesan disampaikan MSC lewat jaringan yang sedang meng-handle penerima (BSC dan BTS). 

Keterangan :
• BTS – Base Transceiver Station
• BSC – Base Station Controller
• MSC – Mobile Switching center
• SMSC – Short Message Service Center

Mengapa SMS bisa Pending? 

Biasanya ini karena ada ‘kemacetan’ arus data. Biasanya ini terjadi kalo anda mengirimkan pesan ke nomor yg dibawah naungan operator lain.

Jadi seharusnya prosesnya begini :
1. Anda tekan tombol ‘Send’ di HP anda, dan HP anda mengirimkan pesan ke operator anda.
2. Operator anda menerima pesan
3. Operator anda mengirimkan sinyal bhw pesan telah diterima operator anda.
4. HP menerima sinyal tsb dan mengakui bahwa ‘Pesan Terkirim’ (Sent)
5. Operator anda mengirimkan pesan tsb ke operator lain
6. Operator lain menerima pesan itu
7. Operator lain mengirimkan sinyal bahwa pesan sudah diterima.
8. Operator anda menerima sinyal itu.
9. Operator anda mengirimkan sinyal ke HP anda memberitahukan kalo pesan sudah sampai (delivered). 

Nah, dlm kasus anda ini, yang nomor 7 atau 8 tidak terlaksana akibat padatnya arus komunikasi… dan akhirnya Operator anda merasa bahwa pesan tak kunjung diterima dan akhirnya di beri status Pending, padahal pesan sudah sampai.

Berikutnya Mekanisme Panggilan Suara

a. suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone
b. microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian dipancarkan oleh pnsel ke BTS terdekat
c. sinyal tersebut diterima oleh BTS dan sinyaL tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi
d. dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada BTS terdekat kemudian diteruskan ke si penerima
e. setelaH sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

Arena trafficnya terlalu tinggi apalagi sekarang sudah ada sms dan internet gratis/unlimited. Makanya lebih banyak lagi pengguna sehingga tambah padat. Pending itu disebabkan krn jumlah pengiriman ga seimbang sama jumlah slot yg ad di BTS yg tersedia sehingga mengakibatkan antrian, jd yah mau gau mau pesan br akan terkirim klo udah sampai pada antrian.

= SHSJS =


0 komentar:

Poskan Komentar