“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

PPM Khoirul Huda, Surabaya



Apa Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda itu?
Bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda sejauh ini?

Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda atau lebih mudahnya dikenal PPM KH Surabaya merupakan salah satu Pondok Pesantren Mahasiswa yang ada di Surabaya. Awalnya Pondok ini adalah grya yang ditempati oleh para mahasiswa yang sedang menempuh studi/kuliah di Surabaya. Namun seiring dengan berjalannya waktu akhirnya pada tahun 2007 grya tersebut diubah statusnya menjadi Pondok Pesantren Mahasiswa.
Pada tahun 2009, tepatnya tanggal 28 Juni Pondok Pesantren Mahasiswa ini diresmikan oleh Wakil Walikota Drs. Arif Afandi. Dalam acara peresmian tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari pengurus MUI Kota Surabaya. Selain itu, juga dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswi yang sedang menempuh studi di Surabaya sebanyak 300 orang.
Lalu, apa tujuan didirikannya Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda?
Tujuan dari didirikannya Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda ini yaitu untuk mencetak para mubaligh atau mubalighot (penyampai agama) yang sekaligus mempunyai bekal ilmu dunia, menjadikan sarja yang mubaligh-mubaligh yang sarjana yang merupakan visi didirikannya Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda. Sedangkan misi dari Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda yaitu melestarikan ilmu Quran Hadits; menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan menghasilkan mahasiswa yang paham agama, cerdas, mandiri, dan berakhlaqul karimah serta memiliki thabiat luhur.
Adapun letak Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda Surabaya yaitu di JL. Nginden III/50, 60118-(031) 5949591, Surabaya. Lokasinya pun berdekatan dengan beberapa kampus/universitas. Ada kampus/universitas negeri ada Unair, ITS dan Unesa. Sedangkan kampus/universitas swasta ada Untag, Unitomo, Perbanas, ITATS, PENS ITS, dan masih banyak lagi.
Perkembangan Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda sejauh ini Alhamdulillah jumlah siswa terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ini menunjukkan bahwa minat dari beberapa mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan agama di Pondok Pesantren Mahasiswa Khoirul Huda sambil kuliah terus meningkat.
Peningkatan tersebut juga bisa dirasakan dengan mulai bermunculan dan didirikan Pondok Pesantren Mahasiswa (PPM) di daerah lain, misalnya PPM Wonokitri Surabaya, PPM Malang, PPM Bandung, PPM Jogja, PPM Jember, dan masih banyak lagi. Dan kemungkinan jumlah PPM ini akan terus bertambah demi mewujudkan keinginan bagi para mahasiswa yang ingin menempuh pendidikan agama.

0 komentar:

Poskan Komentar