“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

IKHLAS dan PASRAH itu beda tipis ya

Ikhlas sama pasrah beda tipis. seringkali aku bilang ini. Aku sendiri pun belom bisa bedain apa itu pasrah apa itu ikhlas. mungkin pasrah adalah menerima segala yang terjadi mau ujung2nya kayak gimana, dan itu ga jelas udah diusahakan atau belom. sedangkan kalau ikhlas kita udah usaha semampu kita (atau bahkan sampe ada yang melewati batas) dan memang tetep ga sesuai dengan apa hasilnya, sehingga kita tau itu harus dilepasin. see? ikhlas is about to letting go. pasrah is about careless.

mungkin saat ngelakuin sesuatu yang kita kira bakalan berhasil atau kita kira bakalan sesuai ekspektasi awal kita namun tidak tercapai, disaat itulah kita harus menentukan apakah kita harus optimis untuk hal itu atau malah berhati-hati dan kadang udah pesimis duluan. 

memang kadang mengikhlaskan sesuatu itu ga semudah yang orang bilang "ikhlasin aja nanti pasti ada yang lebih baik" hey..itu ikhlas atau pamrih?!

menurut ku, ikhlas adalah menerima sesuatu yang dari awal kita udah kita perkirakan konsekuensinya seperti apa, jadi tidak harus menyalahkan siapapun atau apapun apabila kita harus melepaskan sesuatu.

tapi kadang, dalam konsekuensi yang telah kita pikirin, ada suatu kejadian yang memang tidak pernah terpikirkan sebelumnya. just happened. that's what we called : UNPREDICTABLE. hmmmm...kalo udahh gitu,  gimana yah?! unpredictable ga berarti unaccaptable. unpredictable thing mungkin bisa dijalani pelan2, dan mungkin mau gamau harus diterima mau sepait apapun. karna unpredictable biasanya datang bersamaan dengan hal2 yang telah kita perkiakan sebelumnya, tapiii memang berada di dalam suatu tempat yang tersembunyi dan tanpa sadar suatu saat hal itu keluar.

well, aku ga memaksakan untuk ikhlas dalam stiap masalah, tapi usaha untuk ikhlas mungkin bisa jadi jalan terbaik dalam kehidupan supaya kita bisa menjalani hidup tanpa penyesalan yang ga ada solusinya.
Thursday, 3 Oktober 2013
10:01 PM 

0 komentar:

Poskan Komentar