“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Minggu Tenang saat Hidung Tak Tenang


Haccciimmmm ...
Hassyiimmmm ...
Hassseemmmm ...

Yah begitulah suara-suara yang akhir-akhir ini terdengar dari kamar ku. Disaat yang harus nya aku bersantai menikmati minggu tenang, eh malah dibuat tak tenang. Ya si hidung kecil yang gak bisa ku ajak kompromi ini lagi hobby banget buat bersin. Ya pasti taulah apa penyebab nya. Cuaca Jember yang ekstrem banget tambah mendukung buat virus ini berkembang. Puncaknya nih setelah kemaren aku touring ke Banyuwangai. Pulang-pulang langsung drop nih badan.

Tapi aku tidak boleh tinggal diam. Kalo aku biarin terus2an yang ada entar nih virus jadi ngelamak. Bukannya malah reda, ntr bisa2 malah semakin nyaman meradang. Okeee karena sakit itu gak nyaman nih aku bagi sedikit info buat teman2 untuk mengatasi flu, pilek, atau apalah yang menyiksa ini. Biar gak sentrap-sentrup gak jelas teman. :D


Oke pertama yuk kita kenali jenis penyakit ini terlebih dahulu ya. Penyakit Flu (Influenza) dan pilek (common cold) dapat itu pada umumnya dapat menginfeksi orang secara cepat dan tiba-tiba. Hal ini kerap terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita menurun, kurang tidur, jam makan yg tidak teratur, konsumsi makanan yang kurang bergizi, dan konsumsi air putih yang tidak memadai. Karena penyakit flu tidak ada obatnya maka cara mengobati Flu dan pilek dengan cepat dan mudah adalah dgn meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda sehingga dapat melawan virus dan meringankan gejala pilek dan flu yang membuat Anda tidak nyaman. Knp kok tidak ada obatnya ? Yaaaa setauku sih dulu pas dalam pelajaran Biologi saat SMA dijelaskan bahwa virus influenza itu adalah salah satu virus yang bercangkang, dalam artian virus tersebut memiliki semacam pelindung sehingga sulit untuk dimusnahkan, sama halnya dengan virus HIV / AIDS. Jadi biasanya mereka hanya hilang sesaatm alias mengkristal. Dan disaat daya tahan tubuh kita mulai melemah, saat itulah mereka akan muncul kembali kepermukaan untuk menyerang. Serem banget bukan. Hiiiii ...

Nah tapi jangan takut, kita juga masih bisa untuk mengatasinya kok. Mungkin cara-cara ini bisa sedikit mebantu teman-teman.

Lemon dan Madu

Mengalami sakit tenggorokan, suara serak dan hilang saat flu? Ambil segelas air panas dan masukkan irisan lemon dan dua sendok makan madu kemudian minum selagi panas. Sebelum tidur, hisaplah permen mengandung lozenge (di Indonesia contohnya permen Streptills atau Woods) untuk meredakan sakit tenggorokan.

Istirahat yang Cukup

Banyak orang terlalu sibuk bekerja atau melakukan kegiatan lain sehingga lupa waktu untuk beristirahat dan begadang setiap malamnya meskipun keesokan paginya harus tetap bekerja. Tapi ketika tubuh terserang penyakit flu dan mengalami gejala berupa sakit tenggorokan, demam dan pilek – maka salah satu cara ampuh mengobati flu adalah mengambil istirahat panjang (tidur) supaya tidak tambah parah dan cepat sembuhnya.

Bila memungkinkan mintalah izin agar tidak masuk kerja atau sekolah, namun bila tidak bisa maka hindari aktifitas yang melelahkan dan buat tubuh se-rileks mungkin agar mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh flu.

Minum banyak Air Putih

Cara mudah mengobati flu & pilek namun sering dianggap remeh ini sebenarnya memiliki khasiat yang benar-benar efektif. Dengan meminum air putih yang banyak maka tubuh memiliki amunisi untuk melawan beberapa gejala flu berat seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, meriang (panas dingin) ataupun hidung tersumbat.

Namun jika tenggorokan terasa sakit saat meminum banyak air, coba akali dengan menambahkan campuran air jeruk nipis (bisa juga diganti dengan juga lemon yang fungsinya melegakan hidung tersumbat dan meredakan perut kembung).

Berkumur dengan Air Garam

Apakah Anda merasa terganggu dengan dahak di tenggorokan? Cara menyembuhkannya dapat dgn berkumur air garam supaya tidak terlalu sakit. Air garam sangat efektif mengatasi dahak karena mampu menarik kelebihan cairan dari jaringan yang meradang di tenggorokan.

Fungsi lainnya adalah mengencerkan lendir, menghilangkan iritasi seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan. Jadi kumur-kumur menggunakan air + satu sendok garam dalam gelas berukuran sedang selama beberapa detik.

Obati Flu dengan Makan Sup Ayam

Cara tradisional supaya flu cepat sembuh yang menganjurkan seseorang memakan sop ayam ternyata tidak hanya sekedar mitos. Khasiat dari memakan sup ayam adalah membuat perasaan menjadi nyaman dan mencegah penyebaran neutrofil ke dalam saluran pernapasan. (Neutrofil adalah sel darah putih yang dapat menyebabkan peradangan demam).

Manfaat sup ayam yang lainnya adalah menghambat produksi lendir, menghangatkan sekitar rongga hidung yg mampu mengurangi gejala dari sakit flu & pilek, melegakan hidung saat bernafas dan menghangatkan suhu tubuh. 

Tips mencegah flu & pilek datang kembali adalah selalu istirahat yang cukup, makan teratur, cukup tidur, dan minum air putih dengan cukup. Selain itu, untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen seperti zat besi dan vitamin C.

Okke sekian tips yang bisa aku berikan, semoga dapat membantu ya teman. Yaaa walaupun hanya sedikit namun setidaknya teman-teman bisa punya persiapan lah ketika tertimpa flu kayak aku sekarang. 

selamat mencoba. :)


0 komentar:

Poskan Komentar