“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

Pesona Pulau Gili Labak Madura

:: Pulau Gili Labak Dari Kejauhan ::

Hallo ... lama rasanya udah gak nyoret2 nih blog. Kasihan gara-gara kesibukan kuliah akhirnya blognya dilupakan. Tapi tak apalah setidak nya masih disempat-sempatkan. :D

Guys kali ini aku akan berbagi cerita traveling ku di sebuah pulau di ujung timur Madura. Karena aku adalah termasuk orang suka traveling tuh, makanya ketika dapat radar spot baru yang keren nih hasrat ku untuk kesan langsung memuncak, apalagi ini di Madura. hahaa maklum masi darah muda kali ya. :3


Rasa penasaranku berawal ketika terdengar kabar bahwasannya terdapat sebuah pulau mungil yang cantik nan mempesona di sebuah gugusan kepulauan tepatnya di Kabupaten Sumenep. Ya kabupaten yang terletak di paling ujung pulau Madura ini memang terkenal memiliki banyak pulau-pulau yang berpenghuni maupun tak berpenghuni. Nahhh pulau yang akan kita bicarakan kali ini namanya adalah Pulau Gili Labak. Pulau ini termasuk dalam teritorial kecamatan Talango guys. 

:: Pulau Gili Labak Tampak Atas ::

Untuk sampai ke pulau ini ada beberapa rute yang bisa kita tempuh. Biar lebih jelasnya mari kita gunakan bantuan google map untuk mengetahui letak pasti dari pulau ini guys. Posisi pulau Gili Labak terletak pada koordinat ( -7.202875, 114.046499 ), kalian bisa copas / searching koordinat tersebut di google map untuk melihat posisinya. Perhatikan peta jalur menuju pulau Gili Labak pada gambar yang udah aku buat ini ya :

:: Peta Jalur Menuju Pulau Gili Labak ::
Rute 1 : Dari pelabuhan Kalianget kita menyebrang ke pulau Poteran (Talango) menggunakan kapal tongkang. Biaya per sepeda motor Rp 3.000, itu udh plus dgn pengendaranya. Jika menggunakan mobil kurang lebih Rp 20.000. Perahu tongkang ukurannya cukup besar, muatannya juga cukup untuk menampung mobil dan truck. Namun kapal tongkang ini hanya tersedia satu unit saja untuk melayani penyebrangan. Jadi jika ingin menggunakan kapal ini ya harus bersabar gantian. Jika tidak ingin menunggu terlalu lama kalian bisa naik perahu nelayan. Namun perahu nelayan ini hanya bisa mengangkut motor dan penumpang saja, tidak bisa untuk mengangkut mobil. Jika menggunakan perahu nelayan harganya lebih mahal yaitu Rp 5.000 per sepeda motor. Tapi saran ku sih mending kalian naik kapal tongkang saja. Selain lebih murah juga lebih aman untuk ditumpangi. Lama penyebrangan kurang lebih hanya 10 menit saja. Setelah sampai di pelabuhan pulau Poteran ( Talango ), perjalanan dilanjutkan menggunakan jalur darat menuju ke desa Kombang. Jika kalian masi bingung dengan medan disana bisa bertanya ke penduduk sekitar.. Waktu tempuh perjalanan kurang lebih 30-45 menit mengingat jalan yang sudah mulai rusak. Setibanya di desa Kombang disana sudah banyak perahu nelayan yang siap mengantarkan ke pulau Gili Labak. Disini kalian harus pandai menawar ketika akan menyewa kapal. Harga sewanya berkisar 100-200 ribu PP.

Rute 2 : Dari pelabuhan Kalianget kita langsung menyewa perahu yang ada disekitar pelabuhan. Biasaya kendaraan yang kita bawa dititipkan ke pemilik perahu. Harga sewa perahu biasanya berkisar Rp 300.000 untuk perahu ukuran kecil ( isi 10-15 orang ) dan Rp 600.000 untuk perahu ukuran besar ( isi 20-30 orang ). Dari pelabuhan Kalianget kita akan langsung berlayar menuju pulau Gili Labak. Waktu tempuh selama perjalanan laut kurang lebih 2.5 jam. Namun untuk pulangnya waktu tempuhnya lebih cepat sekitar 1.5 jam dikarenakan pada saat pulang perahu berlayar searah arus ombak.

Rute 3 : Rute ini melalui sebuah kecamatan yang bernama Saronggi. Kecamatan ini terletak dijalan profinsi sebelum kita memasuki kota Sumenep. Dari Saronggi kita dapat menyewa kapal kemudian langsung berlayar menuju Gili Labak. Menurut info yang saya dapat, jalur melalui Saronggi ini bisa memangkas waktu satu jam lebih cepat dari pada lewat pelabuhan Kalianget. Namun keterbatasan informasi yang aku dapat, aku sarankan kalian pilih antara rute 1 dan 2 saja yang lebih umum.


:: Sebelah Kiri Perahu Nelayan & Sebelah Kanan Kapal Tongkang utk penyebrangan ::

Next, Kenapa pulau ini patut untuk diperbincangkan ? Karena pulau ini menyimpan sebuah pesona pantai yang sangat luar biasa. Kalo aku sih menyebutnya "Karimunjawa rasa Madura". hihihi ... Bagaimana tidak, keindahan pantai karimunjawa yang tersohor itu ternyata dapat juga kita rasakan di pulau ini teman. Dengan air lau yang jernih dan ombaknya yang tenang, kita dapat melakukan banyak aktifitas seperti berenang, memancing, main perahu, dan snorkling. Nahh untuk kegiatan yang terakhir ini perlengkapan harus kita bawa sendiri karena disana tidak terdapat persewaan, dan sangat aku saranin deh buat dicobain. Karena terumbu karangnya masih bagus dan banyak ikan-ikan yang bermukim disekitarnya. Aku juga sempet nemuin bintang laut biru yang cantik. Oia namun aku peringatkan kembali bagi yang melakukan snorkling agar lebih berhati-hati terhadap bulu babi yang banyak terdapat disekitar terumbu karang. Karena kemaren saat kesana aku sendiri juga kenak. -_- Nih aku bagi tips bagi kalian yang misal gak sengaja nyentuh tuh hewat aneh menjijikan, langsung saja dikencingi bagian yang tertusuk. Kemudian jangan sekali-sekali mencoba mengeluarkan duri menggunakan tangan karena itu malah akan membuat duri yang tersisa semakin masuk kedalam kulit. Jika ada lakukan penanganan ini menggunakan pinset.

Berikut galeri foto-foto yang berhasil aku abadikan selama disana. Selamat menikmati keindahan pulau Madura. :)

:: Blue Starfish Pulau Gili Labak ::
:: Joging di Pulau Gili Labak Dulu Cek Gak Salah Paham ::
:: Dan Ini Adalah Saya . Macak Penjaga Pantai Pulau Gili Labak. :D ::
:: Pohon Unik Disekitar Pantai Pulau Gili Labak ::
:: Indahnya Mahakarya Sang Pencipta Pulau Gili Labak ::
:: We'r My Team at Gili Labak Island ::

:: Menyisir Pulau Gili Labak ::
:: Menikmati Sunset Saat Perjalanan Pulang Dari Pulau Gili Labak ::



35 komentar:

Poskan Komentar