“Tuhan tidak akan membiarkan sekecil apapun kebaikan menjadi sia-sia. Berangkatlah dengan penuh keyakinan, berjalanlah dengan penuh keikhlasan dan istiqomah dalam menghadapi cobaan" - (Abdillah Irsyad El Nur)

HARI PAHLAWAN : SOSOK ORANG YANG MEMBUAT PERUBAHAN


Kemerdekaan merupakan sebuah kado indah yang bisa kita dapatkan dan rasakan sampai sekarang. Sebuah momen dimana kita bisa hidup dengan layak, tentram dan damai. Proses yang tentunya membutuhkan banyak sekali pengorbanan untuk mendapatkan sebuah kemerdekaan. Dengan harta, melalui pertumpahan darah dan juga sampai mengorbankan nyawa, itulah yang telah dilakukan oleh para pejuang terdahulu kita untuk bisa memekikkan yang namanya kata "MERDEKA !"

Sebagai generasi muda sekarang ini, sudah sepatutnya kita harus bersyukur dan meneladani semangat perjuangan mereka. Atas segala jasa dan usahanya, atas keikhlasannya, dan atas pengorbanan jiwa raganya. Mungkin mereka telah gugur mendahului kita, namun nama serta jasanya akan selalu dikenang oleh bangsa ini. Ada sebuah ungkapan terkenal menyatakan bahwa, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya. Dan Bangsa tanpa pahlawan sama seperti Bangsa yang tak memiliki sebuah kebanggaan. Jika sebuah bangsa tidak memiliki tokoh yang bisa dibanggakan, maka bangsa itu merupakan bangsa yang tak memiliki harga diri.



Oleh karena itu sudah sepantasnya setiap bangsa memiliki tokoh yang disebut pahlawan. Para Pahlawan akan menjadi sangat penting dan berarti karena mereka akan memberikan suatu inspirasi dan motivasi. Inspirasi untuk selalu memperbaiki kondisi bangsa ini. Dan memotivasi supaya bangsa ini terus bangkit, dan menjadi suatu bangsa yang bisa dibanggakan.

Menurut ku sosok pahlawan adalah orang-orang yang dapat membuat perubahan. Tak harus selalu di medan perang, namun perubahan dalam ranah kebaikan dan positif lainnya. Banyak contoh dan kisah yang bisa kita lihat untuk menggambarkan sosok pahlawan tersebut. Seperti para pahlawan kemerdekaan bangsa ini yang telah gugur mengorbankan nyawanya hanya demi sebuah kemerdekaan Indonesia. Para guru-guru yang telah mendidik kita sejak TK hingga sarjana. Para orang tua yang telah mengasuh anaknya sejak dini hingga dewasa. Semua itu mereka lakukan untuk perubahan yang lebih baik.

Nah orang-orang seperti itulah yang patut diberi gelar seorang pahlawan. Karena mereka mampu berbuat sesuatu untuk orang lain. Berbagi kasih dan ilmunya untuk kemajuan orang lain. Maka dari itu kita sebagai generasi muda juga harus bisa "memulai" untuk memunculkan sosok pahlawan tersebut. Dimulai dari diri kita sendiri untuk menjadi pahlawan dengan kepribadian yang positif, kepribadian yang memiliki budi pekerti yang luhur. Sehingga bisa turut menginspirasi dan berbagi kepada sesama.

Ingat ! Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Hanya Bangsa yang Menghargai Pahlawan-Pahlawannya dapat Menjadi Bangsa yang Besar" :)

0 komentar:

Poskan Komentar